Minggu, April 19, 2009

Kisah Heroik Dibalik Olimpiade Beijing

Beijing, Beberapa tahun lalu Maarten van der Weijden cuma punya sedikit peluang hidup karena kanker yang dideritanya. Tapi di Beijing 2008 dia mampu mendapat emas di nomor bergengsi.



Tujuh tahun lalu Maarten van der Weijden didiagnosa menderita leukemia yang membuat dokter tak tahu berapa lama lagi usianya tersisa. Namun vonis tersebut tak menyurutkan semangat hidup pria Belanda itu, dengan transplantasi sel dan kemoterapi dia akhirnya bisa bertahan hingga kini.

Tapi kisah heroik Weijden tak berhenti sampai di situ karena beberapa saat lalu dia berhasil merengkuh medali emas di Olimpiade Beijing. Medali yang dia raih juga datang dari nomor yang luar biasa yakni renang maraton luar ruangan dengan jarak tempuh 10 km.

"Hal tersebut membuat medali emas ini terasa sangat spesial," ungkap Van der Weijden saat ditanya wartawan soal kanker yang dia derita dan kemenangan yang diraih. "Itu membuktikan kalau orang sakit pun bisa meraih medali emas."

Hampir di sepanjang pertandingan Van der Weijden selalu berada di belakang perenang Inggris, David Davies. Baru di 400 meter terakhir dia mampu menyodok ke posisi teratas untuk kemudian menyentuh garis finish di posisi pertama dengan waktu 51 menit dan 51 detik.

"Leukaemia mengajari saya untuk berpikir selangkah demi selangkah ... menjadi lebih sabar, santai dan menunggu (kesempatan). Itu strategi yang sama dengan yang saya terapkan di sini, bertahan di rombongan, mencoba tenang dan menunggu kesempatan saya," pungkas pria 27 tahun itu.

Itulah sepenggal kisah nyata yang terjadi dengan semangat juang tinggi ia berhasil memperoleh apa yang diharapkannya, benar apa kata pepatah kalo ada kemauan pastilah ada jalan.

0 komentar: